Desa Pemuteran Masuk Destinasi Wisata Terbaik Asia 2022

Buleleng Barat belum seperti itu dikenal oleh para pelancong dalam negeri. Siapa menduga di 2016 ini menjadi salahsatu dari 10 destinasi tamasya paling menarik di Asia, versi “Lonely Planet”— penerbit buku panduan tamasya terbesar di dunia.

Kawasan Buleleng Barat yang terkenal dengan terumbu karangnya ini menduduki posisi ke-7 untuk golongan “Top 10 Lonely Planet Terbaik Asia 2016.”

Menurut Chris Zeiher, pakar perjalanan internasional di Lonely Planet, penghargaan bagi Pemuteran, Buleleng Barat, Bali, dikasih menurut saran ratusan ide yang diberi tahu regu panel pakar dengan beraneka latarbelakang, termasuk penulis, blogger, pengguna twitter, dan pelancong.

“Sebuah panel pakar perjalanan kemudian menyempurnakan daftar menurut beraneka faktor, di antaranya aktualitas, kenyamanan dalam berlibur serta skor lain,” terang Chris.

Sehingga, Pemuteran layak masuk ke dalam jajaran destinasi tamasya paling elite di Asia

Kepala Dinas Pariwisata situs slot online (Kadispar) Bali, Kecil Agung Gede Yuniartha, mengaku bersuka cita dan berbangga akan prestasi yang dicapai oleh Pemuteran.

“Kami bersuka cita sebab Pemuteran, Bali, makin mendunia. Ini benar-benar benar-benar membanggakan,” ungkapnya Kamis (14/7).

Tentu saja pujian ini tidaklah berlebihan mengingat pamor dan pengaruh Lonely Planet di dunia pariwisata arena internasional sangatlah besar.

Sebelumnya, di tahun 2015, Pemuteran juga meraih penghargaan dari United Nation World Tourism Organization (UNWTO) yang bermarkas di Madrid, Spanyol, untuk prestasinya mengerjakan konservasi bawah laut dan memperoleh award untuk golongan “Innovation in Non Govermental Organizations” dengan program “Coral Reef Reborn.”

Disamping konservasi trumbu karang, Pemuteran juga memiliki alam yang masih asri belum terlalu ‘touristy.’ Ketua Asosiasi Perjalanan Liburan Indonesia (ASITA) Bali, I Ketut Ardana, bahkan berani menjamin keasrian wilayah Buleleng Barat ini.

“Pembangunan dan pelestarian wilayah benar-benar terjaga. Semuanya kental dengan adat Bali. Operator diving dikontrol, jumlah hotel, hingga pedagang bahkan dikontrol oleh regulasi adat. Di desa ini hanya ada sekitar 12 hotel. Sisanya yakni homestay,” terang Ardana.

Padahal demikian, para pelancong tidak perlu kuatir mengenai ketersediaan kegiatan tamasya ketika mengunjungi Pemuteran. Ada seperti itu banyak macam opsi kegiatan tamasya, kata Ardana; mulai snorkeling, jet ski, hingga memperhatikan terumbu karang lewat kapal beralas kaca, semua bisa dinikmati di Pemuteran. Diving bahkan benar-benar menarik dikerjakan di wilayah berjarak 200 km dari Kota Denpasar ini.

“Cuma 10 meter dari bibir pantai, pelancong telah bisa merasakan panorama terumbu karang hasil teknologi Biorock kelas dunia,” imbuh Ardana mempromosikan.

Fasilitas akomodasi di wilayah ini, menurut Ardana, juga tidak perlu dikhawatirkan, semuanya telah berstandar internasional, namun dengan harga yang relatif bisa dijangkau dibandingkan destinasi tamasya di tempat Selatan Bali.

Di Pemuteran, biaya sewa kamar untuk pelancong benar-benar murah. Dari mulai harga Rp500.000 per malam, pelancong telah bisa bermalam di wilayah tenang dan eksotis itu. Hingga ketika ini, Desa Pemuteran telah memiliki sekitar 1.000 kamar yang berbentuk hotel, resort, dan homestay.

Kawasan Buleleng Barat yang terkenal dengan terumbu karang hasil teknologi Biorock-nya ini, sekarang, masuk ke dalam jajaran destinasi tamasya terbaik di asia menurut Lonely Planet. Tentunya akan mulai didatangi pelancong di masa-masa yang akan datang.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.